Beginilah 5 Cara Mudah Merawat Lampu Gantung yang Ada di Rumah

Ada banyak cara dan properti untuk mempercantik rumah Anda. Salah satunya yaitu penggunaan lampu gantung yang dapat memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan Anda. Namun tentu tidak cukup hanya dengan memasangnya saja, melainkan Anda juga harus tahu cara merawat lampu dan juga selalu rutin melakukan perawatan.

Pasalnya, jika lampu gantung dibiarkan begitu saja, tanpa adanya perawatan yang intensif, alih-alih memberikan kesan indah lampu gantung justru memberikan kesan kotor, dan bahkan suatu saat dapat membahayakan penghuni rumah jika gantungan lampu tidak lagi kuat.

Tentu hal ini tidak ingin terjadi kan? Maka sebelum memasang lampu gantung pada ruangan Anda, pastikan Anda siap dan bersedia untuk senantiasa rutin merawat dan juga membersihkannya ya. Nah, karena ini lampu gantung, apakah membutuhkan perlakuan khusus atau ada hal khusus lain? Langsung simak saja ulasan berikut.

5 Cara Merawat Lampu Gantung

Cara merawat lampu gantung, Sumber: tembagaprimaart.com
Cara merawat lampu gantung, Sumber: tembagaprimaart.com

Awal mula adanya lampu gantung ini bermula pada abad ke-16. Pada saat itu lampu gantung baru digunakan oleh para keluarga kerajaan. Dan hanya bisa ditemukan di istana-istana kerajaan. 

Namun, sampai saat ini lampu gantung sudah bisa dengan mudah Anda temui di rumah-rumah warga. Bahkan Anda sendiri juga bisa menggunakan lampu gantung untuk rumah Anda. Lalu bagaimana cara mudah merawat lampu gantung? Berikut pembahasannya untuk Anda.

1. Jangan Lupa untuk Mematikan Lampu

Ketika lampu sudah selesai digunakan, jangan lupa untuk segera mematikan lampu gantung Anda. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghemat daya listrik dan juga memperpanjang usia lampu gantung Anda. 

2. Rutin Memeriksa Kabel dan Soket

Cara merawat lampu gantung yang ketiga yaitu dengan rutin memeriksa kabel dan soket lampu gantung. Anda bisa memeriksanya bersamaan ketika sedang membersihkan lampu gantung. Pastikan tidak ada kabel yang rusak atau bahkan terputus. 

3. Hindari Memasang Lampu Gantung Terlalu Dekat dengan Benda Lain

Sebaiknya Anda memasang lampu gantung di ruang tamu atau ruang lain yang cukup kosong dan tidak terlalu banyak benda-benda tinggi. Pastikan tidak ada benda lain yang berada di dekat lampu gantung. Terutama terhadap benda-benda yang berair Anda perlu menjauhkannya dengan lampu gantung. 

Selain sebagai cara untuk merawat lampu gantung, hal tersebut juga dapat memberikan kesan center point pada lampu gantung Anda. Sehingga ruangan Anda akan terkesan lebih mewah dan elegan. 

4. Sesuaikan dengan Jenis Lampu yang Digunakan

Aspek ini menjadi aspek yang cukup penting dalam cara merawat lampu gantung di rumah Anda. Seperti yang diketahui bersama, bahwa watt dalam lampu berbeda-beda, dan lampu gantung juga memiliki kapasitas listrik atau daya listrik yang berbeda-beda juga. 

Pastikan lampu-lampu yang Anda pasang tidak melebihi kapasitas dari lampu gantung yang Anda miliki.

5. Bersihkan Lampu Gantung Secara Teratur

Poin ini menjadi poin yang cukup penting dalam cara merawat lampu. Selain menjaga ketahanan lampu, kebersihan juga berfungsi untuk menjaga keindahan lampu gantung itu sendiri. Anda bisa membersihkan lampu gantung rumah Anda 1 bulan 2x. 

Jangan biarkan lampu gantung Anda memiliki debu yang tebal atau sampai dihinggapi oleh sarang laba-laba. Hal tersebut berkemungkinan dapat membuat lampu gantung Anda menjadi eror atau korslet pada kabel. Lagipula keberadaan debu atau sarang laba-laba dapat menghalangi pancaran cahaya dari lampu gantung Anda. 

Langkah-Langkah Membersihkan Lampu Gantung

Langkah membersihkan lampu gantung, Sumber: alicdn.com
Langkah membersihkan lampu gantung, Sumber: alicdn.com

Nah, selanjutnya bagaimana cara membersihkan lampu gantung? Mengingat terdapat banyak jenis lampu gantung, ada yang terbuat dari bahan yang mudah pecah, contohnya lampu gantung kristal. Dan ada juga lampu gantung tembaga yang cenderung lebih aman dan tidak mudah pecah. 

Secara umum, lampu gantung di rumah bisa Anda bersihkan dengan langkah pertama yaitu memutus seluruh aliran listrik pada lampu gantung. Hal ini bertujuan untuk menghindari korsleting ataupun resiko terkena sengatan listrik. Selanjutnya Anda bisa melepas bagian-bagian lampu gantung secara hati-hati.

Kemudian barulah Anda bisa membersihkan tiap bagian-bagian lampu gantung hingga bersih. Baik itu pada lampu ataupun pada kap lampu. Pastikan tidak ada debu yang tersisa pada seluruh bagian lampu gantung ya. 

Setelah dipastikan semuanya bersih, maka Anda bisa memasang kembali bagian-bagian yang tadi dilepas. Pasang sesuai tempatnya, dan jangan lupa tetap berhati-hati. Setelah semua dipastikan bersih dan terpasang dengan tepat, selanjutnya Anda bisa menyambungkan kembali aliran listrik yang sebelumnya diputus. Pastikan semua lampu tetap menyala. 

Hiasan lampu gantung, Sumber: nbxc.com
Hiasan lampu gantung, Sumber: nbxc.com

Itulah tadi ulasan mengenai cara merawat lampu gantung dengan mudah, yang bisa Anda gunakan untuk segala jenis lampu gantung. Karena posisi lampu gantung yang berada di ketinggian, maka Anda harus selalu mengutamakan keselamatan ketika merawat lampu gantung. Terlebih lagi ketika membersihkannya. 

Nah, jika Anda baru berencana ingin membeli lampu gantung, pastikan Anda membeli lampu gantung yang sesuai dengan konsep rumah Anda. Pastikan juga untuk memasang lampu gantung di tempat yang tepat. Bisa menjadi center point, memberikan pencahayaan yang maksimal, dan tentunya tidak mengganggu aktivitas keseharian. 

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat lampu gantung, jika Anda berencana memasang lampu gantung tembaga di rumah Anda, langsung saja menghubungi Roemah Tembaga.

Kami merupakan salah satu pengrajin tembaga Boyolali yang siap menerima permintaan custom lampu gantung tembaga, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan selera dan konsep rumah Anda. 

Dapatkan pelayanan yang terbaik dari kami, dan terutama adalah hasil karya dengan kualitas tinggi, baik dari kualitas tembaga maupun kualitas seninya. Yuk tunggu apalagi, siapkan konsep lampu gantung kesukaan Anda, dan hubungi kami segera.

Leave a Comment