8 Tips Memilih Lampu Meja Kerja yang Tepat dari Tembaga

Selain dijadikan sebagai dekorasi ruangan, lampu meja kerja juga dapat memberikan manfaat lebih jika bisa memilih lampu dengan pencahayaan yang pas dan sesuai kebutuhan. Lampu yang tepat juga dapat mempengaruhi produktivitas kerja agar Anda bisa melihat dengan jelas dan mata tidak mudah lelah.

Terkadang lampu utama yang terdapat dalam ruangan tidak cukup sehingga Anda membutuhkan cahaya tambahan dari lampu meja. Sesuai dengan namanya lampu semacam ini biasanya diletakkan di atas meja. Baik itu meja kerja ataupun meja belajar.

Kehadirannya juga dapat membuat mata Anda terasa lebih nyaman dan fokus ketika bekerja. Meski demikian perlu diingat jika tidak semua lampu meja yang dijual di pasaran tepat untuk Anda. Jadi yuk pilih lampu meja yang tepat dengan panduan berikut ini.

Tingkatkan Produktivitas dengan Memilih Lampu Meja Kerja yang Tepat

Memilih lampu kerja yang tepat, Sumber: auraglow.co.uk
Memilih lampu kerja yang tepat, Sumber: auraglow.co.uk

Lampu meja adalah salah satu elemen penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif. Salah satu jenis lampu meja kerja yang populer adalah lampu meja dari tembaga. 

Lampu meja dari tembaga tidak hanya memberi pencahayaan, tetapi juga memberi sentuhan estetika yang elegan dan hangat. Namun, memilih lampu meja yang tepat dari tembaga dapat menjadi tugas yang menantang. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda memilih lampu meja tembaga yang tepat.

1. Cermati Intensitas Cahaya Lampu

Salah satu poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika memilih lampu meja adalah mencermati intensitas cahaya. Intensitas cahaya pada lampu meja terbilang cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan kegunaannya.

Intensitas cahaya untuk lampu meja yang tepat berkisar antara 500 – 750 lux. Dalam angka tersebut cahaya lampu tidak terlalu redup ataupun menyilaukan mata. Perhatikan pula spesifikasi yang terletak pada brosur lampu tersebut. Jika ragu jangan sungkan tanyakan kepada penjual dan minta perbandingan dengan lampu lainnya.

2. Dilengkapi Fitur Dimmer, Semakin Baik

Di zaman modern seperti sekarang ini ada banyak sekali lampu meja yang sudah dilengkapi dengan fitur dimmer. Fungsinya untuk membantu mengatur intensitas cahaya sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya di siang hari ketika matahari terik, cahaya lampu meja dapat dikurangi. Begitu pula sebaliknya ketika malam hari, lampu meja dapat diatur menuju intensitas cahaya paling besar. Selain hemat energi, mata juga akan terasa lebih nyaman.

3. Pilih Lampu Meja Hemat Energi

Lampu hemat energi, Sumber: designhunter.co.uk
Lampu hemat energi, Sumber: designhunter.co.uk

Sudah barang tentu jika lampu meja kerja dihidupkan dengan energi listrik. Intensitas penggunaannya juga terbilang cukup banyak. Oleh sebab itu ada baiknya untuk memilih lampu meja yang bersifat hemat energi.

Salah satu karakteristik lampu meja yang hemat energi adalah menggunakan lampu LED. Lampu semacam ini tidak hanya menghemat energi saja. Namun juga usia pemakaiannya relatif lebih panjang dibandingkan dengan lampu bohlam biasa.

4. Kemudahan Penggantian Bohlam

Bukan hanya sekedar memilih lampu meja estetik saja, namun penting juga bagi Anda untuk mempertimbangkan kemudahan selama proses penggantian bohlam. Layaknya lampu biasa, bohlam lampu meja juga memiliki usia pemakaian dan berpotensi mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu perhatikan penempatan bohlam dan tipe yang digunakan pada lampu meja. Bohlam ini harus mudah dipasang sendiri tanpa perlu membawanya kepada tukang. Begitu pula dengan tipenya, semakin umum tipe bohlam maka semakin mudah juga Anda ketika melakukan pembelian dan penggantian.

5. Dilengkapi Penyangga yang Bisa Diatur

Akan jauh lebih menyenangkan jika lampu meja minimalis dilengkapi dengan penyangga yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Bagian tiang bisa ditinggikan atau dipendekkan.  Begitu pula dengan sudut pencahayaannya agar cahaya tidak langsung mengenai mata namun fokus pada area meja kerja.

Meski demikian jangan pernah melupakan aspek keamanannya. Pastikan lampu meja tembaga tersebut dilengkapi dengan penyangga yang tidak mudah berpindah posisi dengan sendirinya. Akan jauh lebih baik jika bagian penyangganya dilengkapi dengan pengunci.

6. Sesuaikan dengan Ukuran Meja

Lampu meja kerja diletakkan di samping meja. Jadi pastikan untuk selalu mempertimbangkan ukuran dudukan lampu dengan meja tersebut. Baik itu lebar atau panjangnya. Pertimbangkan pula ruang gerak Anda dan kehadiran benda-benda lainnya di atas meja. Jangan sampai keberadaan lampu meja justru membuat Anda menjadi tidak nyaman bergerak.

7. Pertimbangkan Nilai Estetika

Lampu meja dengan desain estetik, Sumber: hearstapps.com
Lampu meja dengan desain estetik, Sumber: hearstapps.com

Lampu meja bukan hanya bisa dijadikan sebagai sumber pencahayaan saja. Namun juga dapat dijadikan sebagai hiasan ruang kerja. Tidak mengherankan jika saat ini banyak sekali lampu meja yang hadir dengan ukuran dan bentuk yang menarik perhatian.

Oleh sebab itu Anda juga perlu mempertimbangkan nilai estetika yang bisa dihadirkan oleh benda tersebut. Tentukan model kap lampu dan material pendukungnya apakah sudah tepat dengan gaya interior ruangan atau belum.

Ruangan bergaya minimalis akan lebih cocok menggunakan lampu meja dengan desain sederhana berwarna putih tanpa tambahan banyak aksen. Sedangkan ruangan bergaya vintage akan tampil sempurna dengan cup berwarna hijau dan aksen rumbai atau motif bunga-bunga.

8. Kualitas Tidak Boleh Ditawar

Perlu untuk diperhatikan jika lampu meja termasuk ke dalam jenis benda elektronik. Jadi sekecil apapun bentuk benda elektronik tetap saja memiliki peluang mengalami konsleting listrik, bahkan memicu kebakaran. Jadi jangan pernah mengorbankan kualitas untuk aspek estetika dan penghematan dana.

Usahakan untuk selalu memilih lampu meja yang sudah terkenal kualitasnya dan dijual di tempat resmi atau terpercaya. Akan jauh lebih baik jika lampu meja tersebut dilengkapi dengan garansi kerusakan.

Pastikan Anda memilih lampu meja kerja dari tembaga yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Perhatikan konstruksi dan material pembuatan lampu untuk memastikan kekuatan dan ketahanannya. Lampu meja kerja berkualitas tinggi akan memberikan pencahayaan yang konsisten dan tahan lama.

Nah itu dia beberapa tips memilih lampu meja kerja yang tepat agar tetap awet dan tahan lama. Roemah Tembaga, pengrajin tembaga Boyolali yang berpengalaman di bidangnya. Kami siap menghadirkan lampu meja berbahan tembaga yang berkualitas, awet dan tahan lama untuk berbagai keperluan Anda. Yuk konsultasi dan pesan sekarang juga.

Leave a Comment