7 Referensi Desain Cermin Dinding Tembaga yang Estetik untuk Mempercantik Ruangan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika desain cermin dinding tembaga merupakan salah satu dekorasi terpenting dalam sebuah hunian. Mengapa bisa demikian? Sebab ada banyak sekali fungsi dan manfaat yang diharapkan oleh cermin di dalam rumah.

Fungsi utama dari cermin memang untuk bercermin, namun dalam dunia desain interior kaca akan membantu memberikan kesan luas pada sebuah hunian. Tidak mengherankan jika belakangan ini banyak developer yang menggunakan desain dinding cermin pada hunian minimalis.

Alasannya untuk membantu menambah efek lapang pada hunian dengan lahan terbatas. Meski demikian memilih dinding cermin tidak boleh sembarangan agar tidak merusak keindahan interior hunian. 

Inspirasi Desain Cermin DindingTembaga agar Ruang Semakin Lega

Cermin dinding merupakan pilihan terbaik untuk diterapkan pada hunian minimalis. Sebab elemen dekorasi ini tidak hanya berfungsi sebagai penghias ruangan namun juga membantu menciptakan kesan lapang dan cerah pada ruangan.

Hal ini disebabkan karena cermin bersifat memantulkan cahaya dan mampu merefleksikan bayangan di hadapannya. Selain itu cermin dinding juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menciptakan focal point dalam sebuah ruangan.

Alih-alih menggunakan wallpaper yang mudah sobek dan berjamur, cermin justru jauh lebih tahan lama dan mudah dirawat. Jika tertarik menggunakan cermin pada dinding rumah berikut deretan inspirasi desain cermin dinding tembaga yang mampu memikat perhatian.

1. Cermin Dinding Tema Abstrak

Desain cermin dinding abstrak, Sumber: amazon.com
Desain cermin dinding abstrak, Sumber: amazon.com

Rekomendasi cermin dinding pertama yang bisa Anda coba adalah bentuk abstrak. Desain cermin yang satu ini identik dengan bentuknya yang tidak beraturan namun tetap indah saat dilihat. Dari segi fungsi, desain ini mungkin tidak bisa digunakan untuk bercermin.

Namun konsepnya cukup unik dan bisa menambah keindahan tersendiri pada hunian Anda. Cermin abstrak seperti ini cocok diterapkan pada hunian bergaya kontemporer. Meski demikian cermin tema abstrak juga bisa diaplikasikan pada rumah minimalis untuk membantu mengurangi kesan monoton dan mempercantik tampilannya.

2. Cermin Dinding Corak Geometris

Inspirasi selanjutnya yang patut dipertimbangkan adalah cermin dinding corak geometris. Desain cermin semacam ini sangat cocok diaplikasikan untuk dekorasi kamar mandi mewah. Selain itu cermin corak geometris juga bisa diaplikasikan di ruang makan dan kamar tidur.

Desainnya juga terbilang cukup beragam mulai dari garis-garis hingga berbentuk segitiga atau lingkaran abstrak. Meski hadir dengan bentuk yang relatif simple namun cermin dinding corak geometris termasuk ke dalam salah satu pilihan favorit banyak pemilik rumah.

3. Cermin Dinding Minimalis di Pojok Ruangan

Cermin dinding minimalis, Sumber: wfcdn.com
Cermin dinding minimalis, Sumber: wfcdn.com

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika pojok hunian sering kali menjadi area kosong yang tidak banyak dimanfaatkan oleh para pemilik rumah. Untuk mengatasi hal tersebut, kali ini Anda bisa mengaplikasikan desain cermin dinding minimalis di pojok ruangan.

Desain cermin minimalis lengkap dengan tambahan furniture seperti sofa mampu membuat area pojok rumah menjadi lebih menarik dan indah. Bahkan area tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai atau ruang baca.

4. Cermin Besar dengan Plane Mirror

Selain beberapa hal di atas salah satu jenis cermin yang cukup umum digunakan adalah plane mirror. Cermin semacam ini hadir dengan desain simple namun memiliki ukuran besar dan memanjang secara horizontal.

Meski cukup sederhana namun cermin besar dengan plane mirror cukup banyak digemari karena kesannya yang simpel namun berhasil menambah efek luas pada ruangan. Bukan hanya itu saja, plane mirror juga membantu memantulkan cahaya sehingga ruangan terkesan lebih hidup dan luas.

Ada banyak sekali desain cermin besar dengan plane mirror yang bisa Anda coba. Mulai dari gaya minimalis, klasik, tambahan ornamen hewan, frame cermin tembaga, hingga kesan elegan dengan tambahan bahan granit pada bagian tepi atau framenya.

5. Kombinasi Cermin Bulat

Cermin dinding bulat, Sumber: hearstapps.com
Cermin dinding bulat, Sumber: hearstapps.com

Selain beberapa pilihan di atas, kali ini Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan kombinasi kaca cermin dengan bentuk lingkaran. Kombinasikan beberapa cermin bulat dari berbagai ukuran untuk memberikan efek gelembung yang menarik.

Selain bentuk lingkaran Anda juga bisa menambahkan variasi bentuk lain seperti kotak, segitiga, atau hexagonal. Desain kaca semacam ini sangat cocok di aplikasikan untuk area ruang tamu dan kamar mandi karena bentuknya yang unik dan menarik.

6. Cermin Dinding Kotak Seperti Jendela

Desain cermin dinding unik dan menarik selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah kaca kotak besar layaknya sebuah jendela. Cermin semacam ini memiliki tampilan layaknya sebuah jendela besar.

Agar tampilannya terlihat lebih menarik, tata cermin berbentuk barisan menyerupai jendela. Cermin dinding kotak besar semacam ini sangat cocok diaplikasikan pada hunian bergaya klasik. Anda hanya perlu menyesuaikan warna frame kaca dengan perabotan di sekitarnya.

7. Cermin Dinding dengan Frame Artistik

Cermin dengan frame artistik, Sumber: decoholic.org
Cermin dengan frame artistik, Sumber: decoholic.org

Ketika memilih cermin dinding jangan hanya berfokus pada bentuk dan ukuran kacanya saja. Namun penting juga bagi Anda untuk mempertimbangkan cermin dengan frame yang unik agar ruangan terkesan lebih menarik dan berwarna.

Saat ini sudah ada banyak sekali jenis frame cermin dengan bentuk unik dan menarik. Salah satunya adalah cermin dinding lengkap dengan frame kaca melengkung yang dipadukan dengan desain wall moulding.

Itu dia beberapa inspirasi desain cermin dinding yang efektif untuk membuat ruangan Anda terkesan lebih unik dan menarik. Ada banyak sekali desain cermin yang bisa Anda pilih, cukup sesuaikan dengan gaya atau konsep interior hunian.

Bukan hanya membuat ruangan semakin lega, namun penggunaan cermin dinding juga bisa menambah nilai sebuah hunian. Terlebih lagi jika cermin tersebut dilengkapi dengan frame dari pengrajin tembaga Boyolali yang sudah terkenal akan kualitasnya.

Leave a Comment