Sudah Tahu Mengenai Perbedaan Tembaga dan Kuningan? Simak Informasinya Disini!

Jika dilihat secara sekilas, tembaga dan kuningan terlihat sangat mirip. Meski terlihat mirip, namun ternyata jenis logam tersebut cukup berbeda. Kedua material ini sering disebut sebagai logam dan memang terlihat sangat mirip, sehingga cukup sulit untuk dibedakan. Lantas apa saja perbedaan tembaga dan kuningan? 

Meski terlihat sama, namun terdapat beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencari perbedaan antara tembaga dan kuningan. Jangan sampai salah membedakannya, terutama jika tembaga dianggap sebagai kuningan tentu Anda akan mengalami banyak kerugian. Agar lebih paham, berikut penjelasan seputar perbedaan antara tembaga dan kuningan. 

Mengenal Apa Itu Tembaga

Material tembaga, Sumber: britannica.com
Material tembaga, Sumber: britannica.com

Tembaga adalah logam tunggal yang memiliki warna cenderung coklat sedikit kemerahan. Dalam sejarah, tembaga merupakan jenis logam yang paling awal ditemukan oleh orang-orang Romawi dan Yunani. Setelah menemukan tembaga, orang Romawi dan Yunani berhasil mengolahnya menjadi berbagai peralatan maupun perhiasan. 

Namun tembaga harus dipoles dan digosok terlebih dahulu untuk mendapatkan kilau yang diinginkan. Dulu tembaga dimanfaatkan untuk membersihkan luka. Tembaga juga dikenal sebagai logam kuat, sehingga memiliki ketahanan terhadap korosi. Tembaga murni umumnya memiliki sifat halus dan lunak, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai konduktor panas. 

Keberadaan jenis logam ini seringkali ditemukan pada material listrik, karena memiliki kemampuan yang efektif untuk menimbulkan arus listrik. Selain dijadikan sebagai konduktor panas, tembaga juga sering dijadikan sebagai bahan pembuatan pipa, atap, mesin industri, hingga suplemen nutrisi. 

Mengenal Apa Itu Kuningan

Material kuningan, Sumber: dunia-metal-pacific.com
Material kuningan, Sumber: dunia-metal-pacific.com

Kuningan merupakan jenis logam yang dihasilkan dari hasil pencampuran tembaga dan seng. Kuningan biasanya bercampur dengan seng dan variasi unsur lainnya. Campuran tersebut kemudian dapat menghasilkan beragam sifat maupun variasi warna. Kuningan memiliki warna kemerahan agak kekuningan bergantung pada kadarnya. 

Selain itu kadar seng juga dapat dipengaruhi oleh kekuatan dan elastisitas kuningan. Kuningan tersedia dalam tiga jenis yaitu pipa kuningan (seamless brass), plat kuningan (brass sheet), dan kawat kuningan (brass wire). 

Jenis logam ini seringkali digunakan untuk keperluan dekorasi. Hal ini disebabkan karena kuningan memiliki warna yang jauh lebih menarik dan hampir menyerupai emas. Selain itu kuningan juga sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan alat musik karena mudah dibentuk, namun tetap memiliki daya tahan tinggi.

Cara Mudah Membedakan Tembaga dan Kuningan

Membedakan material tembaga dan kuningan, Sumber: prashaantsteel.com
Membedakan material tembaga dan kuningan, Sumber: prashaantsteel.com

Agar tidak salah dalam membedakan logam tembaga dan kuningan, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cara membedakan kedua jenis logam tersebut. Agar tidak salah, berikut beberapa cara membedakan tembaga dan kuningan yang bisa Anda lakukan. 

1. Dilihat dari Warnanya

Perbedaan tembaga dan kuningan juga bisa dilihat dengan jelas dari warnanya. Kuningan hadir dengan warna kemerah-merahan agak kekuningan, sedangkan tembaga memiliki warna cenderung coklat agak kemerah-merahan. 

Umumnya kuningan hadir dengan warna kuning tua dan kuning coklat mirip seperti warna perunggu. Meski demikian terdapat beberapa kuningan yang memiliki warna keemasan, kehijauan, dan jingga bergantung pada kandungan seng yang terdapat di dalamnya.

2. Daya Tarik Magnet

Selain penampilan warnanya, perbedaan antara jenis logam kuningan dan tembaga juga dapat dilihat dari daya tarik magnetnya. Biasanya kuningan cenderung sulit untuk bisa ditarik dengan magnet. Sedangkan tembaga tunggal sangat mudah untuk ditarik oleh magnet. Cara ini bisa Anda gunakan untuk membedakan kuningan dan tembaga. 

3. Sifat yang Dimiliki

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membedakan kuningan dan tembaga adalah dengan melihat sifat yang dimiliki masing-masing jenis logam tersebut. Ketika dipukul jenis logam kuningan akan menghasilkan suara yang jauh lebih nyaring dan jernih. 

Lain halnya dengan tembaga. Mengingat tembaga merupakan jenis logam murni yang memiliki sifat halus, maka ketika dipukul akan menghasilkan suara penuh dan terendam. Memukul bagian permukaan logam merupakan salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk membedakan kuningan dan tembaga. 

Sedangkan untuk karakteristiknya kuningan umumnya memiliki tekstur yang jauh lebih kasar. Lain halnya dengan tembaga setelah diproses, biasanya cenderung lebih lunak. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa tembaga menjadi lebih mudah ditekuk dan elastis dibandingkan dengan kuningan. 

4. Letakkan di Bawah Cahaya Putih

Jika masih belum yakin dengan beberapa cara di atas untuk mengetahui perbedaan tembaga dan kuningan, Anda bisa meletakkannya di bawah cahaya putih. Apabila bagian permukaan logam menjadi lebih mengkilap artinya warna palsu itu disebabkan karena pantulan cahaya. Anda bisa mengamati perubahan warnanya di bawah lampu fluorescent putih. 

5. Cap pada Logam

Kuningan dan tembaga juga dapat dibedakan dengan melihat cap yang tertera pada bagian logam tersebut. Umumnya kuningan dimanfaatkan untuk bahan-bahan industri dan diberi cap atau kode. Hal ini bertujuan untuk mengetahui campuran dalam logam tersebut. 

Sedangkan tembaga biasanya tidak dilengkapi dengan kode maupun cap. Namun lain halnya dengan negara Eropa di mana kuningan dan tembaga akan diberi kode dengan awalan huruf C. Perbedaannya terletak pada akhiran hurufnya. Kuningan akan diakhiri dengan huruf L, M, N, P, R sedangkan tembaga diakhiri dengan huruf A, B, C, D. 

Tips Memilih Kerajinan Tembaga dan Kuningan

Tips memilih kerajinan tembaga dan kuningan, Sumber: imimg.com
Tips memilih kerajinan tembaga dan kuningan, Sumber: imimg.com

Dari perbedaan tembaga dan kuningan di atas, tentu Anda sudah memiliki pandangan mengenai pemilihan kerajinan logam berbahan dasar apa yang cocok untuk dijadikan elemen dekorasi. Pada dasarnya pemilihan produk kerajinan yang tepat didasarkan pada bagaimana Anda akan menempatkan barang tersebut. 

Jika ingin dijadikan sebagai elemen dekorasi di luar ruangan, kerajinan tembaga merupakan pilihan terbaik yang dapat dicoba. Namun jika ingin dijadikan sebagai elemen dekorasi di dalam ruangan, maka kerajinan kuningan merupakan pilihan yang bijak. 

Namun tidak perlu merasa khawatir jika ingin menggunakan item kuningan untuk elemen dekorasi di luar ruangan, sebab Roemah Tembaga sebagai pengrajin tembaga Boyolali yang berpengalaman dan terpercaya akan memberikan finishing terbaik agar produk kerajinan tersebut dapat bertahan lama meski di area luar ruangan. 

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli kerajinan tembaga atau kuningan, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu agar bisa mendapatkan produk dengan tampilan terbaik. Roemah Tembaga menerima pesanan berbagai produk kerajinan dari tembaga maupun kuningan. Yuk konsultasikan desain yang Anda inginkan bersama kami.

Leave a Comment